Skip to main content

Review Buku KKPK Rahasia Aisyah


oleh : Anina Sinai


Judul Buku            : Rahasia Aisyah

Penulis                   : Naila Yumna Salsabila

Penyunting            : Dadan Ramadhan dan Saptorini

Cetakan Pertama : Desember, 2016

Penerbit                 : Mizan

Jumlah Halaman : 108 halaman

ISBN                       : 978-602-420-060-2


Ammar menyalakan keran air, tetapi airnya tidak keluar. Tak lama, keran itu justru mengeluarkan darah. 

“Hah, kok darah?” Ammar sangat kaget. 

Tiba-tiba ada suara, “tidak usah mandi! Kamu sudah menghabiskan air di dalam perutku! Sekarang kamu sudah tahu akibatnya.” 

“Ka … ka … kamu siapa?” 

“Aku adalah Bumi! Persediaan airku habis karena kamu! Sekarang kamu yang harus tanggung jawab!” 

Tiba-tiba, keluar tangan-tangan panjang dari lubang saluran air yang berusaha menangkap tubuh Ammar. (Balas Dendam Bumi, hal 59) 

Aisyah adalah murid baru yang dicap sombong oleh teman-temannya. Setiap hari dia berangkat sekolah naik taksi. Di sekolah Aisyah tidak mau bergabung dengan temannya, ketika ada yang mendekati dirinya maka dia akan menjauh. Bukan hanya itu, dia juga pernah bertabrakan dengan temannya, hingga temannya terjatuh dan buku-bukunya berserakan. Bukannya minta maaf Aisyah malah berlari menjauh. 

Suatu hari tanpa sengaja, temannya melihat Aisyah tengah bercakap-cakap dengan sopir taksi yang selalu mengantarnya. Kalau dengan sopir saja dia bisa ramah kenapa dengan teman-temannya sombong. Ada apa dengan Aisyah? (Rahasia Aisyah, hal 89) 

Terdapat tigabelas cerpen di buku KKPK Rahasia Aisyah ini. Buku yang menarik dan sarat dengan pesan buat pembacanya terutama anak-anak. Sebelum saya baca, buku ini terlebih dahulu dibaca adik yang  berumur 10 tahun, dia menyukai keseluruhan cerita yang disajikan karena mudah dipahami. Salah satu cerita yang dia sukai adalah Hantu Game, dia jadi berpikir ulang untuk tidak main game lama-lama. 

Buat Kakak, Ayah, Bunda, bukunya boleh banget buat tambahan bacaan si kecil. Buku ini sudah terdapat di Gramedia dan dijual online juga. 


Tasikmalaya, 7 Juni 2017

Alhamdulillah terimakasih atas review bukunya kak Anina Sinai. ^^ Untuk teman-teman yang belum punya, ayo segera dikoleksi!

Sumber :

aninasinaina

aninasinaina.wordpress.com

Comments

Popular posts from this blog

Syarat-Syarat Pengiriman Naskah KKPK

Untuk kalian yang ingin mengirim naskah ke penerbit, Dar! Mizan menerima naskah anak-anak nih!. Yaitu KKPK alias Kecil-Kecil Punya Karya. Yang belum tahu persyaratan mengirim naskah KKPK, ini dia syarat-syarat yang harus diperhatikan : Ketentuan Naskah novel dan kumpulan cerpen: 1. Usia penulis maksimal 12 tahun. 2. Jumlah halaman cerita minimal 45 halaman, maksimal 50 halaman. (tidak termasuk kata pengantar, ucapan terima kasih, daftar isi, halaman profil, dll). 3. Diketik kemudian diprint di kertas HVS A4, 1.5 spasi, Font: Times New Roman Besar Font: 12 pt. Dikirim ke alamat Penerbit Mizan ,   Jl. Cinambo No.135 , Cisaranten Wetan, Ujung Berung, Bandung 40294 4. Karya yang dikirim adalah karya asli perseorangan. Tidak boleh menjiplak dan mengadaptasi dari karya orang lain. 5. Karya tidak boleh menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Antar golongan), kekerasan, ketidaksopanan terhadap teman, orang tua, dan guru. 6. Karya disertai dengan biodata lengkap: :

Tragedi Burung Perenjak dan Burung Kedasih

Teman-teman, aku ingin bercerita tentang burung kedasih yang menitipkan anaknya ke burung perenjak. Ini adalah tragedi yang menguras perasaan dari dunia burung. Ikutilah kisah burung prenjak dan burung kedasih ini. Dunia ilmu pengetahuan mengenalnya sebagai fenomena parasit sarang. Burung kedasih tidak bisa membuat sarang. Kelemahan itu ditambah lagi dengan tidak mau memelihara anaknya. Maka ketika ingin bertelur, burung kedasih mencari burung yang akan menjadi inang bagi anaknya. Seringkali incarannya adalah burung prenjak. Ketika burung prenjak masih di sarang, burung kedasih mengintipnya. Baru ketika burung prenjak terbang untuk mencari makan, burung kedasih segera bertelur di sarang burung prenjak. Coba perhatikan! Telur burung kedasih lebih besar dibanding burung prenjak. Tapi namanya juga burung, prenjak tidak curiga ada satu telur yang berbeda di antara telur-telurnya. Dia tidak menghitung berapa jumlah telur saat dia meninggalkannya. Telur burung kedasih yang

Syarat Mengirim Naskah Remaja/Anak ke Penerbit Republika

Assalamualaikum! Teman-teman, ada informasi baru sekaligus menyenangkan dari Penerbit Republika! Sekarang, Penerbit Republika menerima naskah remaja dan anak, lho! Biar lebih mudah, Yumna buat rinciannya, ya ;) Naskah berupa fiksi ataupun nonfiksi. Formatnya bisa dalam bentuk novel, novel, dongeng, fabel, cerita bergambar (dengan atau tanpa gambar), how to, atau yang lainnya. Tebal naskah maksimal 75 halaman, ukuran A4, spasi ganda, dan Times New Roman 12 Naskah dikirimkan lewat email (softcopy) : redaksipab@republikapenerbit.com , naskah juga bisa dikirim dalam bentuk hardcopy ke alamat :           Redaksi Republika Penerbit           Kav. Polri Blok 1 No. 65, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12260           Telp. 021-7819127/28 Ayo yang punya naskah remaja atau anak, segera kirim, ya! Selamat berkarya! Wassalamualaikum. Sumber : http://ayundanurular.blogspot.co.id